ILUSI OPTIK : KOK BISA GITU YA ?


ThisIsNews - Yang namanya ilusi optik pastinya bikin kita bingung ya bahkan bisa di bikin melongo sambil jungkirbalik terus bilang wow😂,

Ilusi optik itu sendiri terjadi karena terdapat kesalahan pada penangkapan mata manusia🤔, ilusi optik yang biasa juga disebut dengan tipuan mata dan pastinya bisa bikin kita bertanya-tanya😵


Baik gambar maupun animasi yang ada pada ilusi optik secara tidak langsung nih bisa mengubah cara kita dalam melihat realita😦, selain itu ilusi optik juga akan menguji seberapa hebat sih cara kerja otak manusia dalam mengolah informasi yang diterima oleh indera penglihatan😎.


Nah enggak usah pake lama ya😊, nih aku tunjukin ilusi optik yang jamin bakal bikin kalian melongo sambil jungkirbalik terus bilang wow😂



The Spinning Dancer


Ilusi optik yang berbentuk perempuan yang sedang berputar ini cukup menarik ya😊, kalau di perhatikan ilusi ini bisa memberitahu kamu, kira-kira otak sebelah mana sih yang lebih dominan.

Siluet perempuan ini terlihat akan terus berputar, tapi siluet ini tidak terus berputar kearah yang sama bagi setiap orang yang melihatnya lho😨.


Misalkan kalian melihat Siluet perempuan ini berputar searah dengan jarum jam (kanan), itu menandakan kalian lebih dominan menggunakan otak bagian kanan, tetapi kalau kalian melihatnya berputar berlawanan dari arah jarum jam (kiri), maka kalian lebih dominan menggunakan otak bagian kiri.
so... gimana yang kalian lihat berputarnya ke arah mana nih


The Flashed Face Distortion Effect


Untuk Ilusi Optik kali ini, coba deh kalian fokuskan pandangan mata kalian ke tanda plus (+) yang ada di tengah layar, nantinya kamu akan melihat beberapa aktor dunia yang ada di gambar akan berubah (ada yang menjadi monster. Wajahnya terlihat sangat aneh, dll), jika kalian menatapnya tanda plus yang ada ditengah semakin lama, maka kalian sudah menggunakan focal vision atau yang biasa disebut dengan penglihatan fokus😦.

Focal vision ini sendiri yang menyebabkan bayangan jatuh kebagian retina selain fovea, yaitu bagian peripheral vision (nah lho enggak ngerti kan😵 sama kalo gitu😂).

Secara garis besar, peripheral vision inilah yang membuat wajah para aktor tersebut berubah menjadi monster seiring dengan perubahan pada gambar.

Ames Room


Ames Room ini diciptakan oleh salah seorang dokter mata asal Amerika Serikat Adelbert Ames pada tahun 1934, Dr.Ames membuat ruangan ini sebenarnya hanya untuk kepentingan penelitian semata, karena Dr.Ames meyakini kalau ruangan ini bisa mempermainkan persepsi otak manusia😎.


Seperti yang kalian lihat diatas, orang yang berada di sisi kanan terlihat sangat kecil (kerdil) dibandingkan dengan orang yang berada di sisi kiri, padahal itu semua bisa terjadi karena persepsi kita sudah tertipu dengan ruangan yang berbentuk trapesium, selain itu penataan angle pada kamera juga sangat tepat😍.
Padahal posisi orang yang berada di sisi kanan ruangan tersebut lebih jauh dengan posisi kamera daripada orang yang berada di sisi kiri, jadi saat kedua orang tersebut bertukar posisi maka akan terlihat seperti berubah ukuran, padahal dia hanya bergerak lebih mendekati posisi kamera (hahaha ketip deh😁).


Following Eye Illusion


Following Eye Illusion ini adalah hasil karya dari seorang pesulap dan juga penulis jenius yang bernama Jerry Andrus.

Dalam membuat Ilusi optik ini, bahkan dia tidak menggunakan trik hologram ataupun tipuan kamera lho😦, boleh dibilang ini adalah salah satu karya yang sangat unik dan juga sagat simpel, yang seolah-olah wajah si Buaya ini selalu ngeliat kamu terus😊.

Cara kerjanya hampir sama seperti "Ames Room" yang memanipulasi perspektif dari kerja otak kita, padahal nih itu semua terjadi karena bentuk kepala si Buaya berbentuk cekung, yang menyebabkan kontradiksi di otak kita.

Itulah kenapa seolah-olah wajah si Buaya tersebut seakan-akan mengikuti kemana kita akan bergerak😊.

Motion Illusion


Ilusi Optik kali ini mungkin terlihat biasa saja ya😊, karena gambar-gambar ini begitu simpel tapi anehnya gambar tersebut terlihat seolah-olah bergerak lho😦, padahal gerakan itu disebabkan oleh efek kognitif dari interaksi warna, bentuk, dan posisi gambar😎.



Ambiguous Cylinder Illusion


Ambiguous Cylinder Illusion ini sejak pertama kali di unggah ke internet sudah sukses membuat bingung banyak orang, Illusi optik ini menjadi tipuan mata terbaik tahun 2016😎.

Benda berbentuk silinder ini apabila di putar dihadapkan cermin akan berubah bentuk😦, pasti kalian bingung kan?🤔 bagaimana bisa benda tersebut terus berubah bentuk ketika diputar?

Ilusi ini sendiri pun masih belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana cara kerjanya😱, mungkin dari kalian ada yang bisa menjelaskan?😋😮



Grid Illusion


Ilusi Optik ini bernama Grid illusion atau dalam bahasa Indonesia berarti ilusi yang gemerlap, kok begitu memangnya kenapa?🤔 karena kalau kita fokuskan mata kitap ada satu titik putih saja, maka akan titik putih lainnya akan telihat titik-titik hitam muncul dan hilang secara acak (kelap-kelip)😎😍

Ilusi ini sendiri ditemukan oleh seseorang bernama E.Lingelbach pada tahun 1994. Ilusi ini cukup unik kan 😊.

Yup itu semua adalah Ilusi optik yang pastinya bisa bikin kalian terheran-heran iya kan😁, semoga informasi yang aku berikan ini bermanfaat ya, jangan lupa sering-sering mampir untuk informasi unik lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar